masjid al akbar

Kalau Jakarta punya Masjid Istiqlal, Surabaya juga memiliki masjid megah bernama Masjid Al Akbar Surabaya. Yuk, tengok kemegahannya di awal Ramadan

Masjid ini tetap menjadi favorit warga lokal maupun pelancong yang singgah di kota ini saat bulan Ramadan tiba. Perjalanan wisata kami kali ini tidak untuk mengunjungi gedung-gedung tua yang bisa dijadikan wisata sejarah, melainkan mengunjungi masjid paling besar di kota ini.

Kota Surabaya juga termasuk gudangnya destinasi wisata yang menarik. Banyak bangunan kuno warisan sejarah masa silam ada di kota yang melekat dengan industri, perdagangan dan pendidikan ini.

Masjid Al Akbar Surabaya yang populer dengan nama Masjid Agung Surabaya terletak di Jalan Gayung Kebonsari, Surabaya. Dari Jalan Tol Surabaya-Porong, masjid ini terlihat megah dengan kubah berwarna hijau. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Abdurahman Wahid pada tahun 2000.

Interior dan tata lampu yang bagus menjadi kelebihan masjid yang berada di areal seluas 11,2 hektar ini. Pepohonan dan taman yang terawat dengan baik menambah anggun masjid yang mempunyai menara setinggi 99 meter ini.

Kubah Masjid Al-Akbar terlihat unik, bentuknya setengah bujur telur. Tentunya terbuat dari bahan yang tahan karat. Sehingga masjid ini bisa bertahan selama puluhan tahun. Desain kubah dan bahannya konon mengadopsi teknologi Masjid Raya Selangor, Malaysia.

Mimbar masjid terkesan khas dan antik mengadopsi gaya arsitektur etnis Madura. Masjid ini menjadi yang terbesar di Jawa Timur. Sepulang dari luar kota bersama seorang kerabat, kami singgah di masjid ini saat menjelang sore. Kebetulan cuaca sedang mendung. Saat itu kawasan sekitar masjid terlihat sepi.

Biasanya pada hari libur, saat pagi dan sore hari kawasan Masjid Al Akbar banyak disambangi wisatawan. Banyak pula pedagang kaki lima berjajar rapi berdagang di kawasan ini.

Untuk mencapai Masjid Al Akbar Surabaya sangatlah mudah. Mengingat masjid kebanggan warga Surabaya ini bisa juga dijangkau dengan kendaraan umum. Maka pengunjung dari kalangan bawah akan dengan mudahnya mengunjungi masjid ini sambil beribadah.

Dari terminal angkutan Joyoboyo, ada banyak angkutan umum yang akan mengantar traveler menuju masjid ini. Hanya menempuh jarak beberapa kilometer saja dari terminal Joyoboyo untuk bisa sampai ke Masjid Al Akbar Surabaya ini.

Categories: SURABAYA | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: