PONOROGO

 

Tentunya liburanmu takkan hambar, sia-sia menganggur di rumah. Manfaatkan moment ini untuk mengunjungi daerah/ tempat wisata. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Ponorogo sendiri ada beberapa situs wisata yang layak di kunjungi. Apa salahnya mencoba tempat wisata kota sendiri, Ponorogo. Selain tempatnya yang dekat dan gak perlu menghabiskan biaya banyak di bandingkan keluar kota. Ini ada beberapa zona wisata yang setidaknya kamu ketahui kalau ada minat bisa langsung terjun ke lokasi :

1.Telaga Ngebel

1

Telaga/ danau yang begitu menawan, indah dan bisa dibilang masih perawan. Kesejukan dan pesonanya membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan fresh. Seperti terlihat pada potret di atas, rerumputan yang menyelimuti tepi telaga dan kerindangan pohon di sekitarnya sangat cocok untuk tempat piknik dan pelepas penat. Tak hanya itu, ada beberapa fasilitas yang membuat kita nyaman di sana dengan tidak mengurangi keaslian panorama alamnya. Terdapat kapal yang siap berkeliling mengitari telaga dengan biaya yang relatif murah. Bagi yang hobi mancing, telaga Ngebel ini bisa dipertimbangkan sebagai tempat menyalurkan ‘hasrat’ memancing. Hasil pancingan bisa langsung di bakar atau pun di masak sebagai santapan saat itu juga. Ada beberapa kios yang menyediakan jasa pembakaran ikan sehingga waktu kita tak tersita untukmencari kayu atau tempat pembakaran secara manual.

Terdapat pula pelengkap menu makan yang menggiurkan untuk dicoba. Durian mungkin buah itulah yang sering membuat kebanyakan orang mabuk dibuatnya. Di sana banyak warga sekitar yang menjajakan buah durian yang segar baru diambil dari kebun. Seperti yang sudah warga Ponorogo kenal bahwa Ngebel mempunyai hasil alam yang melimpah, dan diantaranya yang terkenal adalah kelezatan buah durian-nya, manggis, duku dan pundungan.

Letak Ngebel berada di 25 km dari pusat kota Ponorogo ke arah timur laut. Sekali lagi wahana wisata ini dapat menjadi opsi liburan kamu, piknik bersama keluarga tercinta atau sekedar mencari ke-asri-an panorama alam bersama saudara maupun sahabat.

2.Kintamani Waterpark

2 3 4 5

Ada beberapa foto karya Mas Shandy yang mengambil potret Kintamani Waterpark. Dari namanya tentu kita tahu wahana yang disediakan tempat ini. Air adalah unsur utama yang dimanfaatkan oleh pihak Kintamani Waterpark. Berlokasi tak jauh dari pusat kota, berada di Kecamatan Siman. Lebih tepatnya beralamat di Jl. Ki Ageng Kutu 9 , Siman, Ponorogo. Kintamani Waterpark masih tergolong zona wisata baru di kota Ponorogo. Sering digunakan sebagai tempat ngumpul maupun acara-acara organisasi. Beberapa konser pernah bertempat di lokasi ini, seperti Fun Fun For Me (FFFM) dan Killing Me Inside (KMI).

3.Air Terjun Pletuk

6

Air Terjun Pletuk adalah nama yang dipatenkan sebagai nama air terjun yang sering dikunjungi di desa Kranggan, Kec. Sooko, Ponorogo. Di manapun berada, yang namanya air terjun itu sama saja. Keadaan alam di sana masih ‘sangat’ alami. Betapa tidak, jalan setapak yang dibuat masih semi permanen alias belum tetap. Tak seperti yang kita lihat di Tawangmangu yang jalannya sudah dibuat dengan tangga-tangga permanen sebagai jalan utamanya. Lokasi wisata ini sangat cocok bagi para petualang, jalan untuk sepeda motor atau mobil memang tergolong ekstrim. Namun itu semua akan terbayarkan dengan lunas oleh suasana air terjun dan alam sekitar yang belum terjamah oleh tangan-tangan jahil. Tiket masuknya pun tergolong sangat murah, dulu waktu saya ke sana tiket masuk masih seharga Rp.2000,- per @ dengan biaya parkir Rp.1000,- untuk sepeda motor, dan Rp.2000,- untuk mobil. Saya sarankan untuk ke lokasi tersebut pada musim kemarau karena kondisi jalan lebih aman dan air terjun tidak mengandung endapan lumpur. Bagaimana ? Mau Coba ?

4.Taman Bermain Ngembag

7

Tertera di papan nama di atas ‘TAMAN WISATA NGEMBAG PONOROGO”. Namun saya pribadi lebih nyaman menyebutnya sebagai taman bermain ngembag. Dikenal masyarakat luas sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Di dalamnya terdapat sarana bermain untuk anak-anak. Selain itu ada juga kolam renang yang lebih sering di tujukan untuk anak-anak. Dulu ketika saya masih berusia 7 tahun, di sana ada beberapa binatang seperti burung kasuari, monyet, beo, dan hewan unik lainnya yang sengaja dipelihara oleh pengelola tempat tersebut sebagai tambahan hiburan. Menurut kabar, sekarang ada wahana baru yaitu Flying Fox.

Tak terpungkiri taman ini memang biasa dijadikan tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai tempat melepas lelah dan sekedar berkumpul bersama keluarga atau teman. Ada banyak orang yang menjajakan makanan ringan seperti pentol goreng, pentol godog, jajanan pasar, dan berbagai makanan khas pedesaan yang sekarang kita ketahui jarang ditemukan di kawasan perkotaan.

Untuk lokasi mudah ditemukan, perempatan Jeruksing ke timur. Berada 3 km dari pusat kota.

Categories: PONOROGO | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: